Kamis, 15 Januari 2015

[Kesehatan] Seperti apa penglihatan orang buta warna?


Artikel ini saya akan membahas tentang Apa itu buta warna ,Jenis - Jenis buta warna, Mengapa buta warna bisa terjadi, Apa saja gejalanya?Bagaimana cara pemeriksaan buta warna?, Apakah buta warna dapat disembuhkan? , dan Sperti apa penglihatan orang buta warna ?

Baik kita mulai,

Apa itu buta warna? Buta warna adalah suatu kelainan yang disebabkan ketidakmampuan sel-sel kerucut mata untuk menangkap suatu spektrum warna tertentu yang disebabkan oleh faktor genetis. Buta warna adalah ketidakmampuan membedakan warna dasar, yaitu merah, hijau, biru, atau campuran. Buta warna terjadi karena adanya masalah pada butiran pigmen mata pada sel-sel kerucut di retina mata sehingga mata tidak dapat menangkap spektrum warna tertentu. 

                                
                                  
Gambar 1. Sel Kerucut

Jenis - jenis buta warna, Buta warna sendiri dapat dikelompokkan menjadi 3 jenis yaitu trikromasi, dikromasi, dan monokromasi.

Trikomasi

Buta warna jenis trikomasi adalah perubahan sensitifitas warna dari satu jenis atau lebih sel kerucut. Jenis buta warna ini paling sering dialami dibandingkan jenis buta warna lainnya. Ada tiga macam trikomasi yaitu:
  • Protanomali yang merupakan kelemahan warna merah.
  • Deuteromali yaitu kelemahan warna hijau.
  • Tritanomali yaitu kelemahan warna biru.

Dikromasi

Dikromasi merupakan tidak adanya satu dari 3 jenis sel kerucut, tediri dari:
  • Protanopia yaitu tidak adanya sel kerucut warna merah sehingga kecerahan warna merah dan perpaduannya berkurang.
  • Deuteranopia yaitu tidak adanya sel kerucut yang peka terhadap hijau.
  • Tritanopia yaitu tidak adanya sel kerucut yang peka untuk warna biru.

Monokromasi

Sedangkan monokromasi ditandai dengan hilangnya atau berkurangnya semua penglihatan warna, sehingga yang terlihat hanya putih dan hitam pada jenis tipikal dan sedikit warna pada jenis atipikal. Jenis buta warna ini prevalensinya sangat jarang.

Mengapa buta warna bisa terjadi ?

Sebagian besar buta warna disebabkan oleh kelainan genetik dan muncul sejak lahir. Namun dapat juga disebabkan oleh cedera, obat-obatan atau penyakit pada mata (glaukoma, degenerasi makular, retinopati diabetik).

Apa saja gejalanya?
  • Banyak yang tidak menyadari dirinya menderita buta warna karena masih bisa melihat banyak warna, hanya saja warna yang terlihat sebenarnya berbeda dari apa yang orang lain lihat.
  • Tidak dapat membedakan warna, paling sering adalah sulit membedakan merah dan hiijau, atau biru dan hijau.
  • Buta warna terparah tidak dapat melihat semua warna (achromatopsia), jadi semua yang dilihat berwarna abu-abu,hitam, atau putih.

Bagaimana cara pemeriksaan buta warna?
Dokter akan melakukan wawancara medis dan melakukan pemeriksaan mata. Pemeriksaan buta warna sangat sederhana, yaitu dengan tes ishiharaPada tes ini, pasien diminta untuk menyebutkan gambar atau angka pada lembar isihara yang terdiri dari sekumpulan bintik-bintik warna.

                                
Gambar 2. Contoh Pemeriksaan Ishihara
Apakah buta warna dapat disembuhkan?
Penyakit buta warna yang disebabkan oleh kelainan genetik tidak dapat di seumbuhkan. Oleh karena itu para ahli menyarankan untuk dilakukan Skrinig pemeriksaan buta warna pada anak usia 3-5 tahun atau sebelum memasuki usia sekolah.
Lalu, Seperti apa penglihatan orang buta warna? 
Berikut video yang menjelaskan bagaimana rasanya menjadi seorang yang buta warna,


Sumber : Wikipedia, Youtube dan Klikdokter.com

2 komentar:

Jumlah pengunjung

Entri Populer